3 Pekerjaan yang Bisa Menambah Penghasilan Anak Kuliahan, Pekerjaan Penulis Lepas Termasuk Lho!

Penghasilan Tambahan untuk Anak Kuliah – Hari gini kuliah masih minta duit dari orang tua? Helloo.. Malu dong sama teman-teman seumuran kita di luar sana yang sudah mampu menghasilkan uang sendiri. Bahkan banyak dari mereka yang memberikan uang kepada orang tua, misalnya saja Putri Indahsari Tanjung, milenial yang telah memulai usahanya sendiri sejak berumur 15 tahun dan kini ditunjuk sebagai staf khusus Presiden Indonesia di usianya yang masih 23 tahun.  Kamu engga mau seperti Putri?

Penghasilan Tambahan untuk Anak Kuliah

Source via: educenter.id

Kuliah Sambil Bekerja

Mungkin banyak diantara kamu yang khawatir kalau jam belajar atau bahkan perkuliahan kamu akan berantakan jika melakukan pekerjaan sambilan untuk menambah penghasilan. Tenang, guys. Buktinya putri yang memulai usaha sejak usia sekolah bisa kuliah diluar negeri sampai lulus dan usahanya tetap jaya maju.

Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu dan teman-teman mahasiswa lainnya pilih untuk menambah penghasilan tanpa mengganggu perkuliahan, salah satunya yang paling asik adalah pekerjaan penulis lepas. Terpenting adalah kita harus bisa mengatur waktu dan diri sesuai kemampuan serta kondisi yang ada.

Penasaran kan? Yuk guys disimak info satu ini.

1. Pekerjaan Freelance Fotografer

Fotografer

Source via: pexels.com

Nah, untuk kamu mahasiswa jurusan fotografi atau minimal punya hobi fotografi, kamu bisa menjajal satu pekerjaan ini. Menjadi freelance fotografer mudah kok. Cukup modal keterampilan memotret, kamera dan peralatan lainya, serta komputer untuk mengedit hasil foto yang telah diambil.

Waktu bekerja yang fleksibel sebagai fotografer freelance nggak akan mengganggu jadwal kuliah kamu. Enaknya lagi, kamu juga bisa jalan-jalan gratis kalau kebetulan customer kamu menginginkan pemotretan di tempat wisata. Asik kan?

2. Pekerjaan Freelance Designer

Designer

Source via: maxpixel.net

Pekerjaan sebagai freelance designer juga sangat cocok untuk kamu anak kuliahan di bidang desain atau memiliki hobi desain yang ingin penghasilan tambahan. Sama seperti fotografi, designer juga membutuhkan keterampilan dasar yaitu mendesain dan mengetahui cara menggunakan alat-alat dasar designer seperti sofware desain dan komputer pribadi.

Kalau kamu enggan terlibat atau terikat dengan perusahaan tertentu, kamu bisa membuat usaha desain sendiri dengan memasarkannya secara online melalui media sosial kamu. Siapa tahu usaha kamu menjadi besar dan akhirnya kamu punya brand sendiri.

3. Pekerjaan Penulis Lepas/ Freelance Writer

Freelance Writer

Sources via: pixabay.com

Dari pada hobi menulis kamu sia-sia karena tulisan hanya tersimpan di file komputer, lebih baik kamu mulai menyalurkan hobi menulis kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan penulis lepas ini. Kirim tulisan kamu ke penerbit atau website sesuai tema tulisan yang diperlukan. Siapa tahu lolos kurasi dan naik cetak. Bisa buat bayar kosan deh. Hehee.

Apalagi kalau kamu menggeluti pekerjaan penulis lepas secara konsisten, jumlah rupiah yang akan masuk ke rekening kamu juga akan sama konsistennya. Pasti mau dong? Siapa tahu kamu nanti bisa buat website sendiri dan membuka lapangan kerja untuk orang lain.

Bagaimana? Ada rekomendasi pekerjaan lainnya? Yu mari dicoba salah satunya, siapa tahu bidang yang sudah disebutkan diatas sesuai denganmu.

author
Author: